Penting, Orang Tua Wajib Hindari Kesalahan Yang Bisa Membunuh Kaerakter Anak

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat datang di website kemendikbudinfo.com dan salam sejahtera
Simak informasi terbaru yang sangat penting berikut ini tentang Kesalahan Orang Tua yang Bisa Bunuh Karakter Anak




Jakarta - Menurut psikolog anak dan pakar pengasuhan anak, mengekspos anak dalam kondisi tidak menyenangkan, apa pun tujuannya, masuk dalam kategori mempermalukan dan membunuh karakter anak. “Anak akan merasa tidak percaya diri dan selalu meragukan dirinya sendiri,” kata Karyl McBride, terapis masalah pernikahan dan keluarga berlisensi asal Denver, Colorado, Amerika Serikat. “Anak akan belajar untuk tidak mempercayai orang lain dan perasaannya sendiri, menyebabkan seorang anak merasa gagal dan buruk.”

BelaSood, psikiater anak dan dewasa dari Pusat Perawatan Anak Virginia di Virginia, Amerika Serikat, menyatakan merekam anak dalam kondisi dihukum dan kemudian membagikan hasil rekaman ke media sosial menandakan adanya gangguan kemampuan berkomunikasi pada orang tua. Efeknya, hubungan orang tua dengan anak bisa semakin renggang. “Hal itu menunjukkan ketidakmampuan orang tua untuk menyampaikan ekspektasi mereka terhadap anak. Efeknya dapat menyebabkan kerusakan hubungan di masa depan dan menghalangi kemampuan anak untuk membangun perasaan positif terhadap diri mereka dalam jangka waktu panjang,” kata Sood.

Efek lainnya, anak yang pernah menjadi korban penyebaran video yang dilakukan orang tua sendiri kemungkinan akan tumbuh menjadi pelaku perundungan dengan mempraktikkan cara yang sama terhadap temannya kelak. Sebab anak akan berpikir, seseorang yang melakukan kesalahan layak dilecehkan dan dipermalukan di depan orang lain.

Mengasuh anak itu adalah tentang mengajar, memandu, mencintai, dan memberikan contoh baik kepada mereka. Orang tua marah ketika anak melakukan kesalahan, wajar. Namun marahlah dengan bijak. Jangan jadikan kesalahan anak sebagai ajang untuk menjatuhkan martabat anak. Ajak anak mengakui kesalahan dan belajar dari kesalahan itu. “Jika kita ingin membesarkan anak yang baik, kita perlu menjadi orang tua yang mempunyai empati. Anak butuh dilihat, didengarkan, dan diakui. Ketika mereka berbuat salah, mereka juga perlu diberitahu bahwa kita semua mungkin pernah melakukan kesalahan dan kita bisa belajar dari kesalahan itu,” McBride memaparkan

Sumber: TEMPO.CO

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.kemendikbudinfo.com . Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

Related Posts: